SIAP - Blog Fitur
Blog Fitur

Anda Berada di : Beranda / Peringatan / Pendidikan Kepahlawanan dan Kewarganegaraan

Pendidikan Kepahlawanan dan Kewarganegaraan

date posted : November 10, 2015 | Admin

Salam Hari Pahlawan!

Hari ini, 10 November 2015, Republik Indonesia memperingati satu hari yang istimewa, bertajuk Hari Pahlawan. Hari ini diperingati setiap tahunnya untuk memperingati hari pertama Pertempuran Surabaya di tanggal 10 November 1945, yang juga merupakan perang terbuka pertama yang dialami oleh Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan di tanggal 17 Agustus 1945. Semangat untuk tidak tunduk kepada penjajahan, rela mengorbankan kenyamanan pribadi demi keutamaan cita-cita bersama berbangsa dan bernegara, adalah nilai-nilai yang kita kenang bersama, dan selayaknya diterapkan dalam setiap detik kehidupan kita sebagai warga negara Indonesia.

Dalam dunia pendidikan di Indonesia, aspek kepahlawanan, rela berkorban, tentunya juga mendapat tempat dalam kurikulum untuk ditanamkan kepada peserta didik. Pelajaran sejarah dan kewarganegaraan, kegiatan kepramukaan dan kepalangmerahan, adalah salah satu contoh di antara banyak usaha negara untuk melestarikan dan terus membina jiwa kepahlawanan dan cinta tanah air di setiap generasi mudanya. Berbagai metode pengajaran pun dikerahkan, mulai dari upacara, pengajaran di dalam kelas, lomba cerdas cermat, perhimpunan perkemahan antar sekolah, hal ini agar nilai-nilai mulia tersebut diharapkan dapat diserap dan diterapkan sebaik-baiknya.

Satu hal yang juga amat penting dalam penerapan nilai-nilai ini, dan sudah selayaknya menempati porsi utama dalam pendidikan kepahlawanan dan kewarganegaraan, adalah Keteladanan. Siswa akan malu datang terlambat bila orangtua dan gurunya selalu datang tepat waktu. Siswa akan menahan diri dari sikap dan ucapan yang tidak baik bila orangtua dan gurunya bersikap dan bertutur kata yang sopan dan baik. Semakin banyak sosok teladan baik di seluruh lingkungan yang bersinggungan dalam kehidupan keseharian siswa-siswi, maka hasilnya akan semakin baik. Kepahlawanan adalah sikap yang berkembang karena ada sosok yang menjadi teladan. Bila ingin menyebarkan jiwa kepahlawanan bagi sekitar kita, tidak boleh tidak, kitalah yang harus menjadi teladan bagi sesama kita. Dimulai dari Saya dan Anda, maka Kita bisa memberikan teladan bagi satu demi satu orang di sekeliling kita

Dan sebagai salah satu kemudahan dalam memberikan teladan, SIAP Online memfasilitasi Sekolah di Indonesia untuk dapat mempublikasikan kegiatan peringatan Hari Pahlawan tahun 2015 melalui SIAP Web Sekolah. Aktifkan SIAP Web Sekolah Anda, Gratis, untuk kemudian Anda bisa mempublikasikan artikel kegiatan sekolah secara mandiri. Seluruh artikel tersebut akan kami kumpulkan juga di Portal SIAP Web Sekolah, dimana pengguna internet dapat dengan mudah mengakses artikel dari berbagai sekolah di Indonesia.

Selamat Hari Pahlawan!

Komentar

  1. Admin

    Mohon maaf, Kirim Komentar dinonaktifkan untuk berita ini.


IKUTI KAMI


ARSIP

Twitter @SIAPOnline

  • No Tweets Available

Layanan ini diselenggarakan oleh Telkom Indonesia untuk dunia pendidikan di Indonesia.

Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatanTeknologi Informasi dan Komunikasi yang tepat guna

pada dunia pendidikan Indonesia
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0.0
SIAP Online
SIAP Online  |  Bantuan pengguna  |  Ketentuan layanan