SIAP - Blog Fitur
Blog Fitur

Anda Berada di : Beranda / Kegiatan / PPDB Online / Kota Kupang Siap Menyongsong PPDB Online 2019

Kota Kupang Siap Menyongsong PPDB Online 2019

date posted : October 19, 2018 | Admin

photo_2018-10-17_09-07-46

KOTA KUPANG – Rabu (18/10/2018) pagi itu Tim SIAP PPDB Online Telkom berkunjung ke Dinas Pendidikan Kota Kupang. Telah membuat janji sebelumnya dengan Pak Robby A. Ndun untuk membahas terkait PPDB Online Kota Kupang di tahun 2019. Di ruang Beliau, tim yang saat itu terdiri dari Bu Cathrine, Bu Ida dan Mas Febri menuju ke ruangan Pak Robby dengan tujuan untuk memaparkan terkait hal-hal yang bisa digunakan dalam penunjang PPDB Online 2019

Pada kesempatan tersebut pula, melalui Pak Robby menyatakan bahwa 2019 Kota Kupang akan melakukan PPDB Online kembali bersama Telkom, sehingga dengan begitu Kota Kupang akan segera menyongsong keikutsertaan menjadi bagian di PPDB Online Telkom selama 3 tahun/tahun ke-3. Dengan pengalaman 2 tahun sebelumnya, dinas pendidikan kota kupang percaya diri bahwa pelaksanaan PPDB Online 2019 akan berjalan lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya. “Tahun 2018 sudah baik, dan di tahun depan akan kami lakukan perbaikan kembali, khususnya terkait tabel zonasi atau tabel batas wilayah yang menjadi acuan sistem zonasinya.” Pungkas Beliau.

Terkait dengan pembiayaan PPDB Online sendiri, pada tahun 2018 bisa disediakan oleh dinas pendidikan melalui APBD, sehingga setiap sekolah terpilih yang ditentukan oleh Dinas Pendidikan tidak mengeluarkan biaya apapun. Dengan begitu, pengawasan dan pengontrolan pembayaran ke Telkom selaku penyedia menjadi lebih mudah. Pada tahun 2019, direncanakan juga tetap menggunakan mekanisme yang sama, dengan wacana akan ada penambahan jumlah sekolah peserta, baik pada jenjang SD maupun SMP. Namun untuk jumlah pastinya, Pak Robby belum bisa memberikan kepastian angka, karena hal tersebut akan dikaji terlebih dahulu, dan tentunya keputusan akhir berada di pimpinan

Pak Robby menyatakan, bahwa dengan PPDB Online yang telah berlangsung sejak 2 tahun lalu (muali tahun 2017) pelaksanaan PPDB di Kota Kupang menjadi lebih mudah dan transparan, sehingga dengan adanya PPDB Online tersebut, bisa menjadi alat untuk menutup berbagai kecurangan dan KKN yang ada dan “mungkin” sudah menjadi rahasia umum selalu muncul saat-saat PPDB tersebut dilaksanakan.

Tahap yang paling penting menurut Pak Robby terkait PPDB Online, adalah publikasi dan sosialisasi terhadap semua elemen, terutama pada orang tua calon peserta didik dan calon peserta didik sendiri, baik itu yang ingin mendaftar pada jenjang SD atau SMP, karena dengan memberikan sosialisasi yang maksimal, maka kendala yang mungkin akan muncul saat pelaksanaan menjadi bisa dikurangi. Tahap yang selanjutnya yaitu pihak sekolah, yangmana pihak sekolah itu memiliki berbagai aspek, mulai dari Kepala Sekolah hingga Admin/Operator sekolah, semuanya haruslah siap. Dengan begitu pelaksanaan PPDB Online tentunya akan berjalan dengan lancar. (FHF)

 

 

Komentar

  1. Admin

    Mohon maaf, Kirim Komentar dinonaktifkan untuk berita ini.


IKUTI KAMI


ARSIP

Twitter @SIAPOnline

  • No Tweets Available

Layanan ini diselenggarakan oleh Telkom Indonesia untuk dunia pendidikan di Indonesia.

Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatanTeknologi Informasi dan Komunikasi yang tepat guna

pada dunia pendidikan Indonesia
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0.0
SIAP Online
SIAP Online  |  Bantuan pengguna  |  Ketentuan layanan