SIAP - Blog Fitur
Blog Fitur

Anda Berada di : Beranda / Kegiatan / PPDB Online / Daerah Ini Ingin Implementasi PPDB Online 2019, Simak Selengkapnya!

Daerah Ini Ingin Implementasi PPDB Online 2019, Simak Selengkapnya!

date posted : November 5, 2018 | Admin

Tarakan – Selamat hari senin semua.. setelah menikmati weekend bersama keluarga ini kita bertemu lagi dengan hari senin. saatnya kita berkarya berkreasi dan berinovasi,, eits jangan lupa yang minggu kemaren belu selese kerjaannya segera diselesaikan sekarang yaa.

photo_2018-11-05_09-55-00

Mimin juga mau merampungkan kerjaan minggu lalu yang belum selese nih, yups laporan hasil kunjungan Tim PPDB Online minggu lalu. nah minggu lalu Tim PPDB Online Telkom sedang melakukan kunjungan ke Provinsi Kalimantan Utara seperti biasa agendanya terkait koordinasi dan konfirmasi daerah untuk pelaksanaan PPDB Online 2019, tahun 2018 di Provinsi Kalimantan Utara ada 2 daerah yang mengimplementasikan PPDB Online yaitu Provinsi Kalimantan Utara dan Kota Tarakan. Untuk tahun 2019 ada beberapa daerah yang ditargetkan untuk implementasi PPDB Online juga nih, ada Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Berau, Kira kira gimana sih hasil dari kunjungannya yuk kita bahas satu satu yaa.

  • Kota Tarakan

Daerah pertama yang dikunjungi oleh Tim adalah Kota Tarakan karena letaknya yang memang berada di jantung Provinsi Kaltara disamping itu Kota Tarakan sudah menggunakan SIAP PPDB Online Telkom 2018 jadi akan lebih mudah untuk evaluasi dan konfirmasi keikutsertaan tahun depan, dikantor Dinas Tim bertemu dengan Pak Bambang dan Pak Udin yang merupakan tim pelaksana PPDB Online ota Tarakan 2018. Menurut Pak Bambang pelaksanaan PPDB Online 2018 cukup baik meskipun ada beberapa operator dan wali siswa yang kesulitan dalam proses pendaftaran maupun memilih sekolah tetapi itu dapat diatasi dengan baik, untuk tahun depan Dinas masih akan menggodok terkait aturan Zonasi terbaru sekaligus menunggu sosialisasi zonasi dari kemendikbud, disamping itu Dinas menyatakan tetap akan menggunakan PPDB Online Telkom untuk pelaksanaan 2019 dengan peserta 12 sekolah jenjang SMP dan 46 sekolah jenjang SD dengan kemungkinan penambahan peserta untuk PPDB Online 2019.

  • Kabupaten Bulungan

Selesai Kota Tarakan Tim kemudian menyebrang laut menggunakan speedboat menuju Kabupaten Bulungan, berbeda dengan Kota Tarakan kabupaten Bulungan merupakan daerah target di PPDB 2019 meskipun tahun 2018 jenjang SMA/SMK kab bulungan sebagian telah mengikuti PPDB Online level Provinsi Kaltara tetapi untuk jenjang SMP nya belum menggunakan PPDB Online. Di kantor Dinas pendidikan tim diarahkan untuk menemui Kasie Perencanaan Pak Dedy Irawan dan Tim IT Dinas Pendidikan, Pak Dedy menyambut positif sekali terkait penawaran solusi PPDB Online dari telkom ini dan segera memerintahkan tim IT untuk mereview penawarannya dan segera melaporkan hasilnya ke Kasie Perencanaan untuk diambil keputusan terkait PPDB Online, sebagaimana di agendakan di Dinas bahwa Dinas Pendidikan sudah menargetkan implementasi PPDB Online sejak tahun 2017 tetapi sampai tahun lalu belum juga terealisasi. untuk selanjutnya Dinas masih akan mempelajari dan merapatkan implementasi PPDB Online 2019 Kabupaten Bulungan.

semoga tahun depan Kabupaten Bulungan bisa bergabung memanfaatkan solusi PPDB Online 2019,, Amiien!

  • Kabupaten Berau

photo_2018-11-05_09-54-38

Lanjut lagi setelah kabupaten bulungan ada kabuaten berau, Jarak dari bulungan ke Berau kurang lebih 120 KM atau 3 jam perjalanan darat, secara administratif kabupaten Berau masuk dalam wilayah Kalimantan Timur tetapi secara pelayanan di Telkom Kab berau masuk dalam Witel Kalimantan Utara. Di Berau koordinasi dilakukan selama 2 hari, dihari pertama tim bertemu dengan Kabid Dikdas Pak Suardi dan Kasie pembinaan SMP Pak Jumairi, Pak Kabid menyerahkan sepenuhnya keputusan implementasi maupun teknis PPDB Online pada pak kasie dengan menimbang masukan dari MKKS dan Kepala Sekolah. Dihari ke dua, Dinas menundang pengurus MKKS jenjang SMP Kab Berau untuk datang ke dinas dan berkoordinasi dengan Tim PPDB, hasilnya pengurus MKKS yang mewakili Kepala Sekolah menyatakan tertarik untuk implementasi PPDB Online 2019, tetapi untuk keputusan resminya masih akan dirapatkan terlebih dahulu dengan kepala sekolah yang mana nantinya akan menggunakan anggaran dari Dana BOS masing masing sekolah.

sama seperti kabupaten Bulungan, semoga tahun depan Kabupaten Berau bisa bergabung memanfaatkan solusi PPDB Online 2019,, Amiien!

  • Provinsi Kalimantan Utara

nah ini target utama kita dalam kunjungan ke Provinsi Kalimantan Utara yaitu Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Utara, sekembalinya dari Kab Berau Tim segera merapat ke Dinas pendidikan Prov Kaltara dan bertemu dengan Sekdis Pak Teguh, terkait evaluasi pelaksanaan PPDB Online 2018 dirasa cukup baik hanya saja masih ada beberapa sekolah yang belum tahu cara pendaftaran maupun melihat hasil seleksi di internet, banyak juga siswa yang hanya memilih satu sekolah dari maksimal 3 seklah sehingga apabila siswa tersebut tidak diterima di sekolah pilihannya maka otomatis siswa tsb akan terlempar dari proses seleksi, disini Sekdis menilai kurangnya sosialisasi teknis PPDB kepada sekolah maupun masyarakat menjadi penyebab terbesar mengingat tahun lalu waktu persiapan juga dirasa masih kurang untuk itu tahun depan diharapkan ada sosialisasi lebih intens dan tepat sasaran dari Dinas ke sekolah dan masyarakat dan juga waktu penyusunan juknis bisa dipersiapkan jauh jauh hari.

Sekdis juga menawarkan kepada Tim PPDB Online untuk melakukan paparan dan sosialisasi kepada Kepala Sekolah yang pada saat itu sedang dikumpulkan di Tarakan untuk sosialisasi data UN dan Zonasi PPDB Online 2019, tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut Tim pun menyanggupi sosialisasi tersebut. Besoknya tim datang ke hotel untuk memberikan sosialisasi PPDB Online 2019 kepada Kepala Sekolah yang hadir, sambutan dari kepala sekolah pun baik sekali terhadap implementasi PPDB Online tahun 2018 lalu dan ingin tetap memanfaatkan sistem PPDB Online telkom untuk tahun 2019 mendatang.

yups gaes itu tadi kurang lebih hasil dari kunjungan Tim PPDB Online telkom di Provinsi Kalimantan Utara minggu lalu, semoga hasil koordinasi dan penawaran ke daerah daerah mendapat hasil yang positif ya,,, Amiien

Komentar

  1. Admin

    Mohon maaf, Kirim Komentar dinonaktifkan untuk berita ini.


IKUTI KAMI


ARSIP

Twitter @SIAPOnline

Layanan ini diselenggarakan oleh Telkom Indonesia untuk dunia pendidikan di Indonesia.

Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatanTeknologi Informasi dan Komunikasi yang tepat guna

pada dunia pendidikan Indonesia
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0.0
SIAP Online
SIAP Online  |  Bantuan pengguna  |  Ketentuan layanan